Sinkhole Sudah Sering Muncul di Sekitar Ladang

Sinkhole sudah sering muncul disekitar ladang , Munculnya lubang yang disebut Sinkhole di ladang yang terletak di Padukuhan Dadapan. Sebab jika musim kemarau lama dan memasuki musim hujan sering muncul lubang namun yang terbesar berada di ladang milik sujoko.

Sinkhole merupakan lubang runtuhan yang terjadi di tanah, Yang disebabkan hilangnya lapisan atau batuan yang menjadi bantalan permukaan tanah. Biasanya ini terjadi akibat adanya aliran air.

Sinkhole Sudah Sering Muncul Di Sekitar Ladang

Sinkhole Sudah Sering Muncul di Sekitar Ladang

Jenis tanah atau batuan yang mudah tergerus oleh aliran air ini adalah jenis tanah atau batuan halus seperti kapur yang dapat larut didalam air.

Disini sudah biasa muncul lubang seperti ini , Tetapi baru kali ini yang terbesar. Kata pemilih lahan sujoko saat berbincang di lokasi tanah ambles Jumat 1 Febuari 2019.

Menurut dia sekitar ladang miliknya beberpa tahun terakhir sering muncul di sinkhole tetapi diameternya sangat kecil. Paling tidak sampai satu meter diuruk sudah selesai. Baru ini yang besar, Sujoko menceritakan saat badai cempaka tahun 2017 lalu , ladang jagungnya tertutup air sampai beberapa hari.

Hal ini lantaran ladangnya terletak di daerah cekungan. Dulu ada luwengnya di barat ladang , tetapi karena tertutup sampah saat ini sudah hilang. Wartini warga lainnya mengatakan didesainnya thaun lalu juga muncul lubang yang cukup besar. Habis banjir tahun lalu itu muncul lubang tidak jauh dari sini tetapi sudah ditutup.

Kepala pelaksanaan BPBD gunung kidul Edy basuki mengatakan tanah ambles di Gunungkidul muncul di beberapa titip pada akhir tahun 2017 sampai awal tahun lalu 2018 lalu.

untuk tahun lalu ada 32 sinkhole yang muncul, Kemunculan lubang ini merpukan hal biasa karena karakteristik Gunung kidul yang merupakan pegunungan karst. Banyak cekungan atau celah tanah dan juga terdapat sungai dibawah tanah.

Kalau tanah ambles biasanya di tempat itu sebelumnya memang daerah yang cekungĀ  dulunya. Kemudian dalam waktu yang alam tertimbun tanah karena adanya hujan. Air yang bercampur tanah masuk ke lubang kecil atau disebut ponor itu. Itu yang mengakibatkan ambles dan itu fenomena biasa di kawasan karts ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *